Pengiriman Barang Kereta Api Stasiun Pasar Turi Surabaya

Pengiriman barang dengan kereta api sudah sering kita dengar. Di jl cepu Surabaya adalah lokasi aktifitas jasa pengirman  kereta api jalur utara dengan rute kirim dari Surabaya tujuan  Bojonegoro, Semarang,  Pekalongan, Tegal, Cirebon sampai Jakarta.   Untuk mempermudah operasional, PT KAI menyediakan gudang dan terminal petikemas.

 Aktifitas gudang kereta api Pasar Turi

Dalam operasionalnya, PT KAI hanya memberikan media pengangkutan (gerbong, gudang, depo dan container ). Sedangakan mengenai barang-barang yang diangkut tentunya barang – barang perusahaan rekanan. Perusahaan rekanan  yang di maksud di sini adalah perusahaan Jasa Expedisi Kereta Api. Setiap Perusahaan rekanan diberikan space gerbong barang untuk diisi barang-barang dari konsumen mereka.

Gudang Kargo Stasiun Pasar Turi

Aktifitas bongkar di mulai sekitar pukul 11.00 dimana rangkaian gerbong percel di langsir masuk menuju gudang barang untuk dibongkar. Karena banyaknya barang, maka disetiap gerbong kargo tentunya ada Pengawal  yang di berikan tugas untuk ikut dalam perjalanan kereta. Selain menjaga barang, pengawal juga memberikan arahan mengenai bongkar barang di setiap stasiun tujuan.

Rangkaian kereta parcel masuk gudang cargo Pasar Turi

Setelah isi gerbong barang di keluarkan semua, gerbong parcel di  tarik keluar gudang. Giliran perusahaan expedisi yang bertugas untuk mendistribusikan barang sesuai dengan surat barang yang terlampir.

Kemudian menjelang sore sekitar pukul 18.00, gerbong kereta api parcel di langsir masuk kembali untuk diisi barang. Barang-barang tersebut adalah barang dari Perusahaan Jasa Expedisi yang akan di kirim untuk tujuan Bojonegoro, Semarang, pekalongan, tegal  Cirebon dan Jakarta.

Ada beberapa keuntungan yang Kita dapatkan melalui pengiriman dengan Jasa Kereta Api, antara lain :

  • Pengiriman dengan jasa kereta api parel atau kereta barang tarifnya relative murah.  Harga yang di patok untuk pengiriman ke Semarang dan Jakarta berkisar antara Rp 1.500,- sampai Rp 2.000,- per kg tiap tujuan pengiriman. Tentunya untuk harga tersebut berlaku untuk barang barang partai besar.
  • Waktu Keberangkatan dan kedatangan lebih terjadwal, dimana jadwal harian keberangkatan sudah diatur oleh PT KAI
  • Lebih aman dari pungutan liar. Ini jelas bahwa dari barang berangkat sampai tiba di tujuan semua sudah jadi tanggungjawab PT KAI. Konsumen tinggal bayar biaya pengiriman yang sudah di tetapkan
  • Bebas biaya gudang, tidak seperti di bandara dimana pengambilan barang di bebani biaya gudang

Demikian sedikit ilustrasi mengenai  pengiriman barang melalui jasa kereta api. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *